27 Januari 2009

Potret Desa Sirahan

Potret Desa Sirahan

Sirahan adalah sebuah desa kecil dengan nuansa Islami yang sangat kental dan melekat dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Desa yang berada di bagian utara wilayah kabupaten Pati Jawa Tengah ini dihuni sekitar 5000 jiwa penduduk. Karena letaknya di dataran tinggi lereng utara gunung muria, maka tidak heran apabila memiliki hembusan hawa sejuk dan segar.

Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah pertanian dengan mengandalkan pengairan dari aliran sungai besar yang melintas dari sumber mata air gunung muria dan sebagian dari mereka adalah pengusaha industri meubel jenis kayu jati, doyo dan glugu.

Lokasi desa ini tergolong strategis karena mudah dijangkau dari berbagai penjuru karena dilalui jalan raya yang menghubungkan kota pati dan kota jepara. Sudah selayaknya apabila laju pertumbuhan ekonomi dan pendidikan tampak relative lebih lancer. Khususnya perkembangan pendidikan, terbukti dengan tumbuhnya lembaga pendidikan formal maupun informal (Pondok Pesantren). Para siswa dan para santri dengan mudah datang dari berbagi daerah dari wilayah kabupaten Pati, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Kudus pada khususnya dan wilayah lain di Jawa Tengah pada umumnya dan sebagian juga datang dari luar jawa.

Salah satu yang membawa desa sirahan dikenal masyarakat luas adalah terdapatnya Pondok Pesantren yang keberadaannya mendapatkan dukungan penuh dari warga masyarakat. Ini sudah barang tentu bahwa warga desa Sirahan seluruhnya (100 %) memeluk agama islam yang beraliran Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Dapat dikatakan bahwa ketenangan, kedamaian dan kerukunan tercipta dan terpelihara dengan baik. 
(Sirahan, 27 Januari 2009.oleh zf.ibnu umar 15. 45 WIB.)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar