27 Januari 2009

Profil Pengasuh PPNH


PENGASUH PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL HUDA
Profil KH. Umar Muslim Sulaiman


KH. Umar Muslim Sulaiman adalah figur sesepuh desa sirahan yang dikenal sangat disiplin, rapi disetiap penampilannya , santun kepada siapapun bahkan kepada santrinya sekalipun. 

Beliau lahir pada tanggal 31 Desember tahun 1939 di desa Alasdowo Dukuhseti Pati dari pasangan K. Sulaiman dan Ibu Siti Aminah. Pada saat berumur lima tahun beliau diminta oleh pamannya sebagai anak angkat. Paman beliau yang sekaligus paman angkatnya itu bernama kiai Dimyathi yang tinggal di desa sirahan sebagai pejuang agama Islam atau kiai di desa Sirahan. Dengan demikian beliau harus berpisah dengan ayah dan ibu kandungnya serta kedua saudaranya yang masing-masing bernama KH. Asrorudin Sulaiman dan Ibu Nyai Marfu’ah.

Kegiatan sehari-hari beliau adalah pengasuh pondok pesantren putri Nurul Huda Sirahan yang beliau dirikan pada tahun 1985. dalam kegiatannya tersebut, beliau dibantu dan selalu setia mendampinginya yaitu istri beliau ibu nyai Hj. Siti Sua’dah. Selain sebagai pengasuh pesantren beliau juga masih aktif sebagai guru di Perguruan Islam Darul Falah Sirahan. Pengabdian beliau di Darul Falah kini telah masuk tahun ke 46, merupakan pengabdian terlama dibanding para guru lainnya. Karir gurunya berawal dari perguruan islam Matholi’ul Falah Kajen pada tahun 1955 sampai 1962. pengalaman mengajar yang beliau peroleh dari Matholi’ul Falah Kajen itulah merupakan bekal untuk mengembangkan pembelajaran di Darul Falah.

Kepedulian Beliau pada dunia pendidikan khususnya pada pendidikan agama sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari semangat pengabdian Beliau di Darul Falah yang tidak pernah berkurang meskipun umur Beliau yang sudah memasuki kepala tujuh. Juga upaya Beliau yang gigih untuk mendirikan Pondok Pesantren Nurul Huda yang dengan usahanya sendiri. Maka berdirilah sebuah Pesantren Putri pada tahun 1985 dan kini telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas.

Kepedulian Beliau dalam hal sosial kemasyarakatan juga diakui oleh banyak pihak pantas diteladani. Sebagai pemuka agama beliau selalu hadir di berbagai acara kemasyarakatan baik kegiatan yang bersifat umum maupun yang bersifat pribadi tanpa membeda-bedakan selama kondisi kesehatan beliau baik. Beliau juga dikenal rajin silaturrahim kepada sanak famili bahkan kepada para santri dan alumni pesantrennya yang ada di pelosok-pelosok desa. 
(Sirahan, 27 Januari 2009.oleh zf.ibnu umar 16. 15 WIB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar