27 Januari 2009

Sekilas Tentang PPNH

Sekilas Potret Pondok Pesantren Putri Nurul Huda Sirahan

Tercatat dalam sejarah bahwa pendidikan formal yang ada sekarang ini tidak dapat terlepas dari keberadaan Pondok Pesantren yang telah lama hadir di bumi Indonesia yang didirikan dan dikelola oleh para Kiai dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Lembaga keagamaan pondok pesantren didirikan dan dikelola tidak hanya semata-mata memberi bekal keimanan dan ketaqwaan pada santrinya. Lebih dari itu, para kiai juga telah mendidik dan menanamkan rasa solidaritas dan kemandirian yang amat dahsyat. Di bidang perjuangan, kemerdekaan pondok pesantren dengan charisma para kiainya serta semangat juang para santrinya dengan semboyan “ Hubbul Wathon Minal Iman” tanpa rasa gentar berani melawan penjajah.

Sebagaimana telah terjadi pada saat itu di desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Hidup seorang sentral figur bernama K.H. Umar Muslim Sulaiman, sejak tahun 1985 telah merintis mendirikan pondok pesantren putrid Nurul Huda dengan beberapa orang santrinya. Sejak saat itu pula keberadaan pondok pesantren mulai dikenal oleh masyarakat di sekitar kecamatan cluwak, sekitar kecamatan keling dan kecamatan donorojo. Lambat laun dibawah asuhan beliau santri pondok makin meningkat jumlahnya. 

Berawal dari warga sekitar desa Sirahan yang saat itu haus dan butuh akan pendidikan agama atau sering mereka sebut dengan “ngaji”, rumah K.H. Umar Muslim Sulaiman selalu menjadi tumpuan dan sentral bagi mereka untuk dapat mengaji dengan beliau. Hal ini yang menyebabkan masyarakat desa lain yang berada di lingkungan kecamatan Cluwak dan kecamatan keling juga ingin dapat mengaji kepada beliau. 

Mengingat bahwa jarak rumah mereka yang rata-rata jauh dari desa Sirahan dan belum ada transportasi yang memadai, maka mereka menginap di rumah beliau dan lambat laun pertumbuhan jumlah santri yang mengaji di tempat beliau semakin bertambah maka beliau berusaha dan berinisiatif untuk mendirikan tempat yang dapat untuk menampung mereka dan pada tahun 1985 berdirilah Pondok Pesantren Putri Nurul Huda.
(Sirahan, 27 Januari 2009.oleh zf.ibnu umar 16. 00 WIB.)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar